KOMENTAR

KASUS Covid-19 terus meroket. Klaster-klaster keluarga terbentuk bagai jamur yang tumbuh di musim hujan. Kesehatan dan keselamatan anak serta lansia menjadi perhatian utama.

Peduli betul akan hak hidup sehat anak, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) mengajak anak untuk sigap terhadap pertolongan pertama serta pencegahan covid-19 melalui program 'Safe Steps Kids'.

"Dunia anak adalah dunia yang penuh kreativitas, kebebasan, dan imajinasi. Sikap spontan mereka kerap kali berpotensi membahayakan. Fakta membuktikan, 77,4 persen anak Indonesia 5-14 tahun mengalami cedera ketika beraktivitas di rumah. Karenanya, lewat edukasi ini kami ingin persiapkan anak menghadapi berbagai skenario darurat yang dapat terjadi sewaktu-waktu," kata Nini Sumohandoyo, Sharia, Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia, lewat rilis yang diterima Farah.id, Rabu (23/12).

Memberikan pemahaman pertolongan pertama secara tepat, dapat membantu anak lebih sadar diri akan batasan yang boleh dan tidak dilakukan, supaya cedera tidak menjadi serius. Selain itu, jumlah kematian anak akibat covid-19 adalah yang tertinggi di Asia Tenggara.

"Pendekatan pengajaran 'Safe Steps Kids' ini adalah metode interaktif, santai dan kaya informasi. Cara ini sukses kami berikan kepada 1000 siswa sekolah dasar di wilayah Jakarta dan Depok," ujar Sekjen PMI Sudirman Said.

Tahun ini, program 'Safe Steps Kids' dirancang menggunakan karakter animasi yang digemari anak, yaitu Powerpuff Girls dan We Bare Bears. Materi yang diajarkan antara lain mengatasi tersedak, luka bakar, luka berdarah, dan patah tulang.

Khusus untuk materi covid-19, disediakan pula materi yang di edukasi dalam bentuk lagu, agar mudah diingat anak. Materi ini juga bisa diakses melalui website PMI.

"Edukasi berperan penting mewujudkan komunitas yang lebih tangguh agar dapat mewujudkan kehidupan kelak. Besar harapan kami, program ini membentuk anak tumbuh sebagai sosok mandiri untuk merawat diri sendiri dan mampu membantu orang lain ketika dibutuhkan," demikian Nini.




Universitas Mercu Buana Sumbang Dua Sumur Resapan di Masjid At Tabayyun

Sebelumnya

Didukung Jago Syariah, Halal Fair 2024 Siap Melejitkan Pasar Produk Halal Yogyakarta

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel C&E